Berita Seputar Wilayah Rembang

21.12.16

REMBANG JUARA DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK


Rangkuman berita Sindo Weekly Rembang.
Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ibu ke 88 besok, Kabupaten Rembang dapat juara tertinggi dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Pada juara kali ini Kabupaten Rembang menerima penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE), namun kali ini di kategori Mentor yang merupakan tingkatan tertinggi. 

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Bupati Rembang,H.Abdul Hafidz di Istana Wakil Presiden,Rabu (21/12). Dan Kab Rembang sendiri sudah menerima pengahargaan tersebut mulai tingkat terendah yakni pratama tahun 2007 lalu. Penghargaan APE ini diberikan dengan beberapa level tingkatan, yang paling rendah Pratama, madya, utama dan tertinggi tingkat mentor. 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kabupaten Rembang dan juga sebagai Sekretaris Pokja Pengarus Utamaan Gender (PUG), Dwi Wahyuni, mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada lembaga, Gubernur, Bupati dan Walikota yang peduli tentang pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 

"Penilaian APE itu sendiri mulai dari komitmen pimpinan dari sisi kebijakan, implementasi dan partisipasi masyarakat harus berjalan bersama. Sedangkan Bupati mulai regulasi Perdanya, kemudian Kepala Desa juga dengan Perdesnya dalam hal pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak", terang Yuni.

Selain Kabupaten Rembang ada empat kabupaten Kota yang juga menerima APE kategori mentor. Diantaranya Kota Bandung, Denpasar, Surabaya dan Kabupaten Badung provinsi Bali.Dalam tiga tahun berturut-turut, Kab Rembang berhasil menyabet gelar bergengsi itu, yakni pada tahun 2012, 2013 dan 2014 dengan kategori utama. 

Sementara, kategori Pratama dan Madya, masing-masing diraih tahun 2007, 2009, 2010 dan 2011. Sehingga, secara total keseluruhan, Kabupaten Rembang telah meraih 7 kali penghargaan APE dengan berbagai kategori.(Handoko)