Berita Seputar Wilayah Rembang

31.1.17

DESA SIDOMULYO KALIORI, SIAP PANEN RAYA WALAU HAMA PADI MENYERANG REMBANG

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Suratmin, Mengecek Langsung Persiapan Panen Raya di Desa Sidomulyo Kaliori Rembang, Selasa (31/1).

Ditengah serangan hama yang belakangan ini merusak tanaman padi petani yang hampir menyeluruh di Kabupaten Rembang, ditambah harga gabah padi lemas sampai dengan harga Rp 2600 per kilogram. Desa Sidomulyo Kecamatan Kaliori kabupaten Rembang ketempatan gelaran Panen Raya oleh Dinas Pertanian dan Pangan Rembang.

Persiapan acara panen raya padi besok Rabu (1/2) pukul 08.00 WIB di desa Sidomulyo Kecamatan Kaliori kab Rembang dicek langsung oleh kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Suratmin Selasa (31/1).

Suratmin ingin mengetahui dengan jelas sejauh mana persiapan panen padi yang akan dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati beserta Forkopinda Rembang.

Mengenai hama wereng, wawung dan sejenisnya, Suratmin menegaskan, kalau dua minggu yang lalu telah dilakukan Gerakan Masyarakat (Germas) yang hampir di seluruh kecamatan.

"Selain Germas, petani juga telah dibantu obat-obatan oleh dinas pertanian dan pangan, untuk membunuh endemis hama  perusak padi". Jelasnya.

Total bantuan obat oleh dinas Pertanian dan pangan, lanjut Suratmin sebesar 5000 botol berjenis Plenum Sistemik. Jenis obat ini dipercaya mampu membunuh hama dengan cara kontak dan tepat sasaran.

Sapta Cahya Erlani, PPL Sidomulyo dari BPP Kaliori, mengatakan, kalau daerah Sidomulyo Kaliori ini masih lumayan  aman dari serangan hama wereng dan sejenisnya.

"Daerah sini lebih aman dari serangan hama dibandingkan dengan daerah lain, dan pengendalian hama oleh petani sendiri terbilang lumayan baik, karena petani mau mengatasi penyakit lebih dini agar endemik hama tidak berkembang", jelasnya.(Handoko)