Berita Seputar Wilayah Rembang

21.4.17

350 PKH REMBANG TERIMA BANTUAN LANGSUNG DARI MENTERI SOSIAL

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, saat membagikan bantuan PKH secara Simbolis kepada penerima manfaat di Pendopo Museum Kartini, Jum'at (21/04/2017)
Foto : Handoko

Sebanyak 350 keluarga Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) Rembsng dikumpulkan di Pendopo Museum Kartini Rembang untuk menerima pencairan tahap pertama bantuan langsung dari Menteri Sosial Republik Indonesia Dra. Khofifah Indar Parawansa, Jum'at (21/04/2017). 

Di Indonesia sebanyak 3 juta lebih keluarga sudah menerima Bantuan non tunai dari Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial, Sedang di kabupaten Rembang ada sebanyak  20.616 keluarga sesuai data yang berhak menerima bantua PKH.

Bantuan Non Tunai Kementerian sosial dalam acara ini menggandeng Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai salah satu anggota Himpunan Bank Negara (HIMBARA). 

Pada Hari Jum'at (21/04/2017) adalah tahap pertama pencairan sebesar Rp.500 ribu, Bulan Mei yang akan datang juga Rp.500 ribu, bulan Juni Rp.500 ribu, dan bulan Juli sebesar Rp.390 ribu. Jadi total keseluruhan penerima manfaat mendapatkan 1 juta 890 ribu selama setahun.

Penerima manfaat PKH telah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), KKS ini bisa juga dipakai sebagai ATM dan dapat digunakan pada Bank HIMBARA. Bantuan non tunai ini ditransfer langsung dan bertujuan untuk mendidik masyarakat agar berlatih berhemat dan  gemar menabung.

Foto : Handoko
Menteri Sosial Republik Indonesia, Dra Khofifah Indar Parawansa, Saat dikonfirmasi awak media berkata, Keunggulan dari Program PKH ini adalah program yang dilakukan secara non tunai dan via perbankan, didalamnya ada nomer rekening dan Pin layaknya ATM, jadi ketika menemukan Kartu ini di jalanan maka akan tetap aman karena tidak bisa dibuka.

"Dengan cara ini, penerima bansos bisa lebih pandai manajemen keuanganya, kalau hari ini cair 500 ribu, mereka nggak butuh nggak harus dicairkan hari ini,  tidak harus dicairkan 500, jadi bisa ambil 200 ribu, dan yang 300 ditabung", jelas Menteri Khofifah.

Selain itu lanjut Khofifah, penerima manfaat juga tidak terkena potongan bulanan alias Zero Cost, namun kali ini  dengan syarat sebulan sekali harus transaksi maksimal 3 kali transaksi. 

"Jadi ketika dapat bantuan, bisa diambil 100, lalu 100, lalu 100 lagi, itu bisa Zero Cost; kalau Pemkab Rembang mau Transfer menyalurkan bantuan lewat kartu yang sama asalkan lewat Bank Himbara, juga Zero Cost; siapa yang menanggung ini yakni Bank Himbara", tegas Menteri wanita kabinet kerja Presiden Jokowi ini.

Turut hadir pula dalam acara bersama Ibu Menteri Sosial ini yakni, Pimpinan BNI, Dirjen pemberdayaan Sosial Direktur PKH, Direktur Kepahlawanan, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jareng dan Jajaran Pemkab Rembang. (Handoko)