Berita Seputar Wilayah Rembang

6.2.17

ARTHA JAYA MANDIRI DIDUGA TELAH MENIPU ANGGOTA / NASABAH KOPERASI



Banyak sekali Koperasi bermunculan di Kabupaten Rembang, salah satunya KSU Artha Jaya Mandiri (AJM) yang berkantor pusat di Jl.KH Mansur No 18 Juwana Pati. Koperasi ini juga pernah singgah dan dirikan kantor cabang di lingkungan alun-alun Kabupaten Rembang namun terlihat sejak tigs bulan ini telah tutup, dari informasi yang dihimpun, koperasi AJM kebanyakan melayani simpanan uang saja

Beberapa hari ini juga tersiar kabar bahwa nasabah yang telah menyimpan uangnya di Koperasi AJM tidak bisa mengambil uang yang telah disimpan. Diduga oknum koperasi AJM ini telah menipu nasabah, total perkembangan informasi yang didapat, Koperasi AJM ini telah menahan kurang lebih 100 Milyar Rupiah uang nasabah atau anggota koperasi AJM dan tidak bisa diambil.


Pemilik toko Baru Rembang Hadi Santoso (Gun Sun) salah satu nasabah atau anggota dari koperasi AJM diduga kena penipuan dan pengelapan uang. Gun Sun mengaku sudah mendepositkan uang sebesar Rp 700.000.000,00, ia masuk jadi nasabah atau anggota koperasi per Oktober 2015. Itupun bukan uangnya sendiri namun uang bersama saudara-saudaranya.

"Tahun 2014, Koperasi Arha Jaya Mandiri bisa memberikan undian hadiah berupa mobil, dan setelah itu tidak ada kelanjutannya, harus mengikuti kesepakatan dari KSU artha jaya Mandiri apabila tidak mengikuti aturan dari AJM,  dana tidak bisa di cairkan", jelasnya.

Permasalahan ini, menurut Gun Sun sudah dilaporkanya ke pihak Polisi Resort (Polres) Rembang. Kapolres Rembang AKBP Sugiarto, melalui Kasat Reskrim Iptu Ibnu Suka, saat dikonfirmasi, Senin (6/2), membenarkan, memang ada laporan terkait dugaan penipuan oleh KSU AJM ini.

"Benar kayaknya, kemunginan laporan sudah satu bulanan ini ; terkait progres silahkan konfirmasi ke penyidik, saat ini sedang dalam proses penyidikan", Papar Ibnu Suka.

Ketua Koperasi AJM, Karji dan Istrinya Endang, saat dikonfirmasi, Sabtu (4/2) di kediamannya Desa Tluwah Juwana,  sedang tidak berada di tempat. Salah satu pembantunya mengatakan baru ke luar kota tepatnya ke Semarang.(Handoko.Panca)