Berita Seputar Wilayah Rembang

6.1.17

Berenang, Santri Asal Kudus Tenggelam di Embung Lodan

Tim SAR Dibantu Dengan Warga, Mencari Korban Tenggelam di Embung Lodan (Kamis 5/1).

Karena tak bisa berenang, Adib Rofi'uddin santri PP Al Anwar Sarang,  asal Dukuh Kawaan Desa Cendono Kecamatan Dawe Kota Kudus meninggal dunia di bendungan Lodan kecamatan Sarang Kabupaten Rembang, Kamis (5/1). Kejadian bermula saat Adib dan sebelas temannya yang didampingi para Asatidz pergi ke Kecamatan Sedan untuk menjenguk salah satu ustadz mereka yang sedang sakit. 

Di tengah perjalanan pulang, para guru menghimbau mereka agar langsung kembali ke pondok. Namun di tengah perjalanan mereka mampir ke Bendungan Lodan. Setelah sampai di bendungan, Adib dan satu orang dari mereka turun berenang, yang kemudian disusul oleh keempat temannya. 

Saat sedang asyik mandi tanpa sadar salah satu dari mereka yaitu Adib tiba-tiba menghilang. Sadar akan hal itu, teman-temannya berusaha mencarinya dengan menyelam ke dalam air, sedangkan yang lainnya berusaha meminta bantuan kepada penduduk sekitar. Namun keberadaannya tidak dapat ditemukan. 

Beberapa saat kemudian tim SAR sampai di tempat kejadian, akhirnya korban bisa ditemukan dalam kondisi tak tertolong lagi. Salah satu penyelam Tim SAR yang menemukan jasad korban menduga, korban meninggal akibat kehabisan nafas saat berenang.

Menurut pernyataan resmi dari pihak kepolisian yang didampingi Kapolsek Sarang, Tim medis Puskesmas Sarang, Tim SAR, Bapak Camat, dan Pengurus pondok pesantren Al-Anwar, insiden ini murni kecelakaan. 

Saat ini korban sudah dipulangkan ke rumah duka. Segenap keluarga besar Pondok Pesantren Al-Anwar mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya seraya berdoa semoga korban diberi husnul khotimah, dan keluarga diberikan kesabaran, ketabahan, serta pahala yang berlimpah dalam menghadapi ujian ini. (Handoko)