Berita Seputar Wilayah Rembang

22.1.17

Tujuh Hari Jelang Perayaan Hari Raya Imlek, Yayasan "Dwi Kumala" Masih Nampak Sepi

Ketua Yayasan "Dwi Kumala" Eddie Soesanto

Menjelang Hari Raya Imlek, klenteng di Rembang, termasuk yayasan "Dwi Kumala" Kabupaten Rembang masih terlihat sepi, serta  belum ada aktifitas yang berarti. Ada 2  Klenteng yang ada kaitanya satu sama lain, yaitu "TJOE HWIE KIONG" yang bertempat di Jl.Pelabuhan No 1 dan Klenteng "HOK TIK BIO" yang bertempat di Jl.K.S.Tubun No 24 Rembang 

Klenteng HOK TIK BIO yang bertempat di Jl.K.S.Tubun No 24 Rembang 

Ketua yayasan "Dwi Kumala" Rembang Eddie Soesanto saat di temui di Klenteng "Hok Tik Bio" (Klenteng selatan), Minggu (22/1), mengatakan kalau Hari Raya Imlek di Kabupaten Rembang berbeda dengan yang ada di Solo ataupun Jakarta, di karenakan Rembang tidak sebesar kota Solo dan Jakarta yang sudah nampak kemeriahannya.

Acara untuk Imlek sendiri akan berpusat di Klenteng "Hok Tik Bio" (Klenteng sebelah selatan) dan akan di laksanakan tanggal (2/2). "Imlek sendiri menurut Eddie untuk tahun ini tidak semegah dan sebesar waktu ulang tahun klenteng kemarin, soalnya kalau Imlek 1 tahun sekali, tetapi kalau hari ulang tahun 10 tahun sekali", bilangnya.

Dengan kondisi pelaksanaan Imlek yang sederhana ini di harapkan Minoritas warga Tiong Hoa Rembang mampu bersama-sama dalam kerukunan. "Rencananya ketua yayasan "Dwi Kumala" akan mengundang sekitar 400 an masyarakat Rembang dan sebagian dari luar daerah antara lain Kabupaten Pati, Blora, Grobogan, dan Semarang",  tambahnya.

Klenteng TJOE HWIE KIONG yang bertempat di Jl.Pelabuhan No 1 

Eddie Soesanto juga menambahkan jika hari raya Imlek di Klenteng "Hok Tik Bio" yang ada di Kabupaten Rembang tahun ini dibuat sederhana tapi penuh makna.

Harapan Eddie Soesanto sebagai ketua yayasan Dwi Kumala, agar di tahun Ayam (Lambang Kemakmuran) ini diharapkan petani bisa berhasil dari panen, dan pejabat-pejabat di berikan kesehatan dan kebijaksanaan dalam memimpin, di contohkankanya, seperti anak ayam yang baru lahir sudah bisa mencari makan sendiri.

Akhir kata Eddie Soesanto mengucapkan "GONG XI FA CAI" kepada masyarakat Tiong Hoa di manapun berada. Semoga anda makmur di tahun baru ini.(Panca)